Senin, 04 Juni 2012

PENGERTIAN PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL

Ideologi berasal dari kata ideo artinya cita-cita,gagasan,konsep pengertian dasar, cita-cita. dan logy berarti: pengetahuan, ilmu dan paham.

Dalam pengertian sehari-hari, idea
disamakan artinya dengan “cita-cita”. Cita-cita yang dimaksud adalah cita- cita yang bersifat tetap yang harus dicapai sehingga cita-cita itu sekaligus merupakan dasar atau pandangan/paham.

Hubungan manusia dan cita-citanya disebut dengan ideologi.

Ideologi berisi seperangkat nilai,
dimana nilai-nilai itu menjadi cita-
citanya atau manusia bekerja dan
bertindak untuk mencapai nilai-nilai tersebut. Ideologi yang pada mulanya berisi seperangkat gagasan, dan cita-cita berkembang secara luas menjadi suatu paham menngenai seperangkat nilai atau pemikiran yang dipegang oleh seseorang atau sekelompok
orang untuk menjadi pegangan hidup.

Adapun ideologi negara itu termasuk dalam golongan pengetahuan sosial, dan tepatnya dapat digolongkan kedalam ilmu politik atau political sciences sebagai anak cabangnya.

Bila kita terapkan rumusan ini pada Pancasila dengan definisi-definisi filsafat dapat kita simpulkan, maka Pancasila itu ialah hasil usaha pemikiran manusia untuk mencari kebenaran, kemudian sampai mendekati atau menggangggap suatu kesanggupan yang digenggamnya seirama dengan ruang dan waktu.

Hasil pemikiran manusia Indonesia
yang sungguh-sungguh secara
sistematis radikal itu kemudian
dituangkan dalam suatu rangkaian
kalimat yang mengandung satu
pemikiran yang bermakna bulat dan utuh untuk dijadikan dasar, asas dan pedoman atau norma hidup dan kehidupan bersama dalam rangka perumusan satu negara Indonesia merdeka, yang diberi nama Pancasila.

1 komentar:

  1. Makasih ya... Sangat membantu tugas mata kuliah pancasila saya

    BalasHapus